• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • 021 - 77829167

 

Depok, Kamis 22 Februari 2018

Rapat Bulanan Bulan Februari 2018 diselenggarakan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Depok, yang dihadiri oleh Ketua Pengadilan, Wakil Ketua, Para Hakim, Panitera, Sekretaris dan seluruh Pegawai Pengadilan Negeri Depok.

Rapat kali ini membicarakan tentang Pengawasan, Percepatan Minutasi Perkara, dan Anggaran. Rapat yang dipimpin oleh Bapak Sobandi, SH., MH selaku Ketua Pengadilan yang didampingi oleh Bapak Dewa Ketut Kartana, SH., M.Hum selaku Wakil Ketua, Ibu Tantri Yanti Muhammad, SH., MH selaku Panitera dan Ibu Rosnawati, SH., MH selaku Sekretaris. Bapak Ketua memulai dengan memotivasi Hakim dan Panitera Pengganti untuk mempercepat Minutasi Perkara, dikarenakan target di Bulan Agustus di Aplikasi SIPP Pengadilan Negeri Depok sudah berwarna hijau yang artinya adalah penanganan perkara kurang lebih sebesar 90%. Bapak Wakil melanjutkannya dengan pengawasan terhadap semua bidang yang ada di Pengadilan Negeri Depok, yang ditekankannya yaitu untuk tiap bidang tentang 5R (Rapi, Resik, Ringkas, Rawat, Rajin). Ibu Panitera melanjutkannya dengan mengingatkan Panitera Pengganti tentang Kode Etik Panitera Pengganti. Dan pembahasan selanjutnya oleh Ibu Sekretaris yang menerangkan isi DIPA 01 dan 03, beliau juga mensosialisasikan tentang LKJIP, IKU, dan lain-lain. 

Rapat ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Oki Basuki Rachmat, SH., MH., MM.

 

Depok, Kamis 22 Februari 2018

Pengadilan Negeri Depok mendapatkan kunjungan dari Sekolah Menengah Pertama SILOAM Depok. Kunjungan ini bermaksud untuk memberikan pembelajaran dan memotivasi kepada Murid-murid untuk mengetahui Profesi-profesi yang ada di Pengadilan Negeri Depok, Bagaimana cara menjadi Hakim, dan Tentang Perkara yang ditangani di Pengadilan Negeri Depok.

Kunjungan ini disambut oleh Bapak Teguh Arifiano, SH., MH dan Ibu Rosana Kesuma Hidayah, SH., M.Si sebagai Hakim di Pengadilan Negeri Depok, beliau menjelaskan profesi yang ada di Pengadilan yaitu Hakim, Panitera Pengganti, Jaksa Penuntut Umum dan Penasehat Hukum.

Murid-murid SMP SILOAM sangat antusias sehingga banyak pertanyaan yang ditanyakan kepada Hakim yang menerima kunjungan tersebut. Mulai dari bagaimana cara menjadi Hakim? apa yang harus dilakukan setelah lulus dari SMP hingga menjadi Hakim?

Ibu Rosana menjawabnya ketika lulus harus melanjutkan ke SMA dikarenakan jika melanjutkan ke Sekolah Kejuruan akan susah nantinya untuk mengambil ke Fakultas Hukum, dikarenakan Syarat Menjadi Hakim untuk sekarang adalah Sarjana Hukum. 

 

Depok, Senin 19 Februari 2018

Bertempat di Ruang Sidang Utama Gedung Pengadilan Negeri Depok telah berlangsung Sidang Perdana Kasus First Travel yang sangat di tunggu-tunggu oleh banyak publik. Pada acara Sidang perdana ini yang agendanya adalah pembacaan Dakwaan dari Penuntut Umum. Kasus First Travel ini dijerat dengan pasal 378 KUHP jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo pasal 64 ayat (1) KUHP pasal 372 KUHP jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo pasal 64 ayat (1) KUHP pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo pasal 64 ayat (1) KUHP.

Setidaknya sebanyak 63.310 (Enam Puluh Tiga Ribu Tiga Ratus Sepuluh) calon Jamaah Umroh yang telah membayar lunas dan tidak diberangkatkan oleh pihak First Travel, jumlah uang yang telah disetor lebih kurang sebesar Rp 905.333.000.000,- (sembilan ratus lima milyar tiga ratus tiga puluh tiga juta rupiah). Terdakwa yang bernama Andika Surachman, Anniesa Devitasari Hasibuan dan Siti Nurhaida Hasibuan yang secara bersama-sama melakukan tindak pidana tersebut diatas. 

Perkara ini langsung ditangani oleh Bapak Ketua Pengadilan Negeri Depok yaitu Bapak Sobandi, SH., MH sebagai Ketua Majelis, Bapak Teguh Arifiano, SH., MH segabai Hakim Anggota 1 dan Ibu Yulinda T.A.M, SH., MH sebagai Hakim Anggota 2.

 

Depok, Selasa 06 Februari 2018

Ulang tahun Pengadilan Negeri Depok yang ke-12 dirayakan oleh Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Hakim dan seluruh Pegawai Pengadilan Negeri Depok. Pada ulang tahun kali ini Bapak Ketua Pengadilan Negeri Depok merayakannya di Lobby Gedung Pengadilan Negeri Depok dengan acara peniupan lilin kue ulang tahun, pemotongan kue ulang tahun serta dengan doa bersama untuk menjadikan Pengadilan Negeri Depok lebih kompak dan sukses lagi.

Peniupan lilin kue ulang tahun dilakukan oleh Ibu Sekretaris dan Ibu Panitera, yang dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun yang dilakukan oleh Bapak Ketua dan Bapak Wakil Pengadilan Negeri Depok. 

Acara ini ditutup dengan salam-salaman dan foto bersama untuk mempererat kekompakan Keluarga Besar Pengadilan Negeri Depok. Semoga di tahun 2018 ini Pengadilan Negeri Depok dapat mencapai Program Kerja yang sudah direncanakan dalam awal tahun, Amin.

 

Depok, Jumat 02 Februari 2018

Penandatanganan MOU Lembaga Bantuan dan Konsultasi Hukum Pelita Justitia dengan Pengadilan Negeri Depok untuk memenuhi SEMA No 1 Tahun 2014 yang berisi tentang ada nya POSBAKUM (Pos Bantuan Hukum) pada Pengadilan. Posbakum ini diperuntukan untuk membantu masyarakat yang tidak mampu dalam layanan bantuan hukum di Pengadilan Negeri Depok. 

Didalam acara MOU ini Bapak Ketua Pengadilan Negeri Depok memberikan sambutan dengan membacakan inti dari SEMA Nomor 1 Tahun 2014 dan Fungsi Posbakum di Pengadilan. Bapak Ketua menandatangani MOU ini yang di dampingi oleh Bapak Wakil Ketua, Hakim, dan Pejabat Struktural sebagai saksi.

Acara ini dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Kantor Pengadilan Negeri Depok dan dihadiri oleh Anggota Lembaga Bantuan dan Konsultasi Hukum Pelita Justitia dan Ketua, Wakil, Hakim dan Pejabat Struktural Pengadilan Negeri Depok.