• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

Depok, 29 Oktober 2018

Pengadilan Negeri Depok telah melaksanakan Upacara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 , yang diikuti oleh Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Depok. Acara tersebut dilaksanakan di Halaman Gedung Pengadilan Negeri Depok.  Bapak Ketua Pengadilan Negeri Depok yaitu Bapak Sobandi, SH., MH sebagai Pembina Upacara dan sebagai Pemimpin Upacara yaitu Rozhandy Eka Putra, SH

Pada Tahun 1959, tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda, hari Sumpah Pemuda termasuk dalam Hari Nasional yang bukan libur. Sumpah Pemuda adalah satu tonggak dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Sumpah Pemuda yang ke-90 bertema "BANGUN PEMUDA SATUKAN INDONESIA" 

Berikut kutipan dalam Pidato Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90

Hadirin Peserta upacara yang saya hormati dan Pemuda Pemudi harapan Bangsa. 

Hari sumpah pemuda ke-90 kali ini mengambil tema "BANGUN PEMUDA SATUKAN INDONESIA". Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik INdonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
 

Semoga kita dapat menjaga persatuan di Indonesia tercinta ini.

Dalam rangka mendekatkan pelayanan pengadilan kepada masyarakat pencari keadilan (Access to Justice), Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. H. M. Hatta Ali,. S.H., M.H meresmikan operasionalisasi 85 (delapan puluh lima) Pengadilan baru di seluruh Indonesia, pada Hari Senin tanggal 22 Oktober 2018 di Melounguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. 85 (delapan puluh lima) pengadilan baru tersebut terdiri dari 3 (tiga) badan peradilan yaitu 30 (tiga puluh) Pengadilan Negeri, 50 (lima puluh) Pengadilan Agama dan 3 (tiga) Mahkamah Syar’iyah serta 2 (dua) Pengadilan Tata Usaha Negara. Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama yang baru dibentuk tersebar di seluruh pelosok Indonesia dan berada di ibukota kabupaten dan Kotamadya, sementara Pengadilan Tata usaha Negara berada di Ibukota Propinsi.

Dibentuknya pengadilan baru, daerah-daerah yang awalnya secara geografis berada sangat jauh dari kantor pengadilan karena berada di wilayah ibukota kabupaten yang dimekarkan sehingga menyulitkan masyarakat pencari keadilan, saat ini sudah tidak lagi menjadi kendala utama. Selain itu, masyarakat tidak lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk menuju ke pengadilan karena waktu tempuh menjadi relatif singkat.

Pemilihan Kabupaten Kepulauan Talaud sebagai lokasi peresmian pengadilan baru merupakan bentuk perhatian dan apresiasi pimpinan Mahkamah Agung terhadap Pengadilan-pengadilan yang berada di wilayah pelosok dan pulau terluar di Indonesia. Kabupaten Kepulauan Talaud terletak di sebelah utara Pulau Sulawesi dan wilayah paling utara di Indonesia timur serta berbatasan langsung dengan daerah Davao del Sur, Filipina. Selain dihadiri Ketua Mahkamah Agung RI, acara peresmian tersebut dihadiri oleh beberapa orang hakim agung, Sekretaris Mahkamah Agung dan Pejabat Eselon Satu di lingkungan Mahkamah Agung dan serta pimpinan Pengadilan yang baru diresmikan.

Sesuai arahan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung dalam berbagai kesempatan, peresmian 85 (delapan Puluh lima) Pengadilan baru merupakan langkah strategis sekaligus bentuk perhatian dari pemerintah (eksekutif) dan Mahkamah Agung (yudikatif) dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Meskipun dengan segala keterbatasan anggaran, sarana dan prasarana serta Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk itu seluruh Pengadilan yang baru dibentuk harus tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di daerah, sembari Mahkamah Agung terus berupaya untuk mengajukan anggaran untuk membangun kantor pengadilan secara bertahap.

Demikian siaran pers ini dibuat untuk dimaklumi bersama dan atas kerjasamanya diucapkan terimakasih

Jakarta, 18 Oktober 2018

 

Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI

 

Dr. Abdullah,. S.H., M.S.

 

Depok, 01 Oktober 2018

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Panitera Muda Hukum atas nama Bapak Hartanto, SH., MH. Pengambilan Sumpah Jabatan yang dilaksanakan di ruang Sidang Garuda kantor Pengadilan Negeri Depok, pelantikan dilakukan oleh Bapak Sobandi. SH., MH selaku Ketua Pengadilan Negeri Depok. Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan ini dihadiri oleh Seluruh Hakim dan Pegawai serta para tamu undangan.

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan, seusai acara tersebut dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat yang diawali dengan Bapak Ketua Pengadilan dan disusul oleh para tamu undangan. Acara ditutup dengan doa yang disampaikan oleh Rohaniawan.

 

Depok, 28 September 2018

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Panitera pada Pengadilan Negeri Depok atas nama L.R.Sophan Girsang, SH., MH dilaksanakan di Ruang Sidang Garuda Kantor Pengadilan Negeri Depok Kelas IB. Bapak Sophan Girsang, SH., MH menggantikan Ibu Tantri Yanti Muhammad, SH., MH yang sebelumnya menjabat sebagai Panitera Pengadilan Negeri Depok yang mendapatkan promosi sebagai Panitera pada Pengadilan Negeri Cibinong kelas IA.

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh para Hakim dan Seluruh Pegawai Negeri Depok serta para tamu undangan. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Bapak Sophan Girsang, SH., MH yang dilantik oleh Bapak Sobandi, SH., MH selaku Ketua Pengadilan Negeri Depok dan sebagai saksi yaitu Ibu Rosnawati, SH., MH dan Ibu Safrida Erwani Daulay, SH., MH.

Bapak Ketua Pengadilan Sobandi, SH., MH memberikan nasihat "Sebelumnya PTSP kita mendapatkan juara 1 pada tingkat nasional, saya mohon untuk dukungannya dalam mempertahankan dan meningkatkan PTSP kita" ujar Bapak Sobandi, SH., MH

Acara ini ditutup dengan doa yang disampaikan oleh Bapak Eko Suharjono, SH., MH. dan dilanjutkan dengan pemberian selamat kepada yang dilantik.

 

 

Bali, 10 September 2018

Pengadilan Negeri Depok Kelas IB telah meraih Juara 1 tingkat Nasional Implementasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Lingkungan Badan Peradilan Umum, Mahkamah Agung RI. Bapak Ketua Pengadilan Dr. Sobandi, SH., MH menerima sertifikat penghargaan di Hotel Westin Nusa Dua Bali yang diserahkan oleh Bapak Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Muhammad Hatta Ali.

Pencapaian ini tidak luput dari kerjasama antara Pejabat Struktural, Hakim dan Pegawai serta honorer Pengadilan Negeri Depok, walaupun dengan sarana dan prasarana seadanya serta ruang yang tersedia hanya cukup menampung lebih kurang 15 orang. Pelayanan tersepusat pada PTSP semua untuk menimalisir adanya aparatur Pengadilan dengan Tamu Pengadilan.

PTSP Pengadilan Negeri Depok diresmikan pada bulan Desember 2017 oleh Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Bandung. Didalam pelayanan PTSP Pengadilan Negeri Depok menggunakan Aplikasi berbasis Informasi Teknologi sehingga dapat melayani dengan cepat dan akurat. Aplikasi yang ada dalam PTSP Pengadilan Negeri Depok yaitu, e-surat, e-arsip, e-hukum, e-survey, dan SPPT, semua aplikasi ini terdapat dalam 1 sistem yang terintegrasi satu dengan lainnya.

Semoga dalam pencapaian ini pelayanan di Pengadilan Negeri Depok dapat lebih maksimal dalam melayani para pencari keadilan.