• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Depok, 22 Maret 2019

Rapat Bulanan Bulan Maret 2019 digelar di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Depok yang dipimpin oleh Bapak Ketua Pengadilan Negeri Depok yang didampingi oleh Panitera dan Sekretaris Pengadilan Negeri Depok, dan dihadiri oleh seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Depok.

Rapat kali ini membahas tentang evaluasi kinerja para Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Depok, demi tercapainya pelayanan yang maksimal di Kantor Pengadilan Negeri Depok. Para Hakim Pengawas menyampaikan hasil pengawasannya kepada bapak Ketua Pengadilan, serta memberikan saran dan solusi untuk menghadapi kendala-kendala yang ada pada bagian-bagian yang diawasi.

Realisasi Anggaran Pengadilan Negeri Depok disampaikan oleh Ibu Sekretaris dengan persentase DIPA 01 24,85% sedangkan DIPA 03 15%. Pengadilan Negeri Depok harus melakukan percepatan penyerapan anggaran sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 

 

Depok, 19 Maret 2019

Pengadilan Negeri Depok telah mendapatkan kunjungan dari Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat. Beliau bersinggah ke Pengadilan Negeri Depok dalam rangka pembinaan untuk meningkatkan kinerja pada Pengadilan Negeri Depok. Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat menyinggung tentang Zona Integritas yang telah dilakukan oleh Pengadilan Negeri Depok. Penilaian Evaluasi Zona Integritas kemarin oleh Pengadilan Tinggi Jawa Barat hanyalah permulaan. Pengadilan Negeri Depok telah diusulkan ke Direktur Jendral Badan Peradilan Umum untuk dilakukan penilaian evaluasi Zona Integritas. Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat juga menyampaikan kepada para Hakim dan Pegawai untuk selalu Disiplin dan patuh pada aturan Mahkamah Agung, serta memberikan motivasi untuk terus meningkatkan Pelayanan kepada Masyarakat.

Pembinaan ini dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Depok, dan dihadiri oleh Hakim dan seluruh Pegawai Pengadilan Negeri Depok. Pembinaan ditutup oleh doa dan Foto bersama.

 

Depok, 15 Maret 2019

Pengadilan Negeri Depok telah melakukan Pelatihan terhadap Petugas PTSP dan Panitera Pengganti guna untuk meningkatkan Kinerja dalam melayani para pencari keadilan. Acara ini bekerjasama dengan Bank BTN untuk meberikan tata cara melayani yang baik dan benar terhadap masyarakat atau pencari keadilan yang datang ke Pengadilan Negeri Depok. 

Para Petugas PTSP dan Panitera Pengganti sangat antusias dalam mengikuti training service ini, mereka sangat terbantu dengan ada nya kegiatan ini, karena sebelumnya meraka tidak mengerti bagaimana cara melayani masyarakat dengan baik dan benar. Semoga dengan adanya pelatihan ini Pelayanan di Pengadilan Negeri Depok dapat meningkat.

 

 

Depok, 14 Maret 2019

Dalam rangka pelaksanaan monitoring dan evaluasi Program Pelatihan Calon Hakim (PPC) Terpadu Angkatan III, Pusdiklat Teknis Peradilan Mahkamah Agung RI bersama dengan Tim SSR Kedutaan Besar Belanda mengunjungi Pengadilan Negeri Depok pada hari Kamis 14 Maret 2019.

Tim Monitoring dan Evaluasi disambut oleh Ketua Pengadilan Negeri Depok, Bapak Dr. Sobandi, S.H., M.H, bersama dengan para Hakim Mentor dan 12 orang Calon Hakim Pengadilan Negeri Depok. Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Negeri Depok, Bapak Dr. Sobandi, S.H., M.H menyampaikan rasa bahagia terhadap pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi ini. “Kami bersyukur Pengadilan Negeri Depok menjadi salah satu objek pelaksanaan Monev PPC. Ini artinya bahwa Calon Hakim yang magang di Pengadilan Negeri Depok mendapatkan perhatian yang khusus dari Pusdiklat Teknis Peradilan Mahkamah Agung,” tutur Ketua Pengadilan Negeri Depok, Bapak Dr. Sobandi, S.H., M.H.

Lebih lanjut, Kepala Pusdiklat Teknis Peradilan Bapak Agus Subroto, S.H., M.Hum yang bertindak selaku Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi, menyampaikan bahwa kedatangan Tim ke Pengadilan Negeri Depok adalah untuk melihat sejauh mana para Calon Hakim melaksanakan program pendidikan dan pelatihan di tempat magang. “Kami ingin memastikan bahwa seluruh program yang dicanangkan adalah tepat guna dan bermanfaat bagi para Mentee Calon Hakim,” kata Bapak Agus Subroto, S.H., M.Hum. Lebih lanjut, Bapak Agus Subroto, S.H., M.Hum memperkenalkan bahwa Program PPC juga terlaksana atas kerjasama MARI dengan Studiecentrum Rechtpleging (SSR) melalui program Judicial Sector Support Program (JSSP) yang didukung pendanaannya oleh Kedutaan Besar Belanda di Indonesia. “Ini adalah hasil kerjasama yang strategis antara Indonesia dan Belanda. Kita banyak belajar dan mengadopsi sistem diklat Calon Hakim di Belanda sehingga kedepannya Calon Hakim yang lulus dalam Diklat PPC ini adalah hakim yang berkualitas, baik secara keilmuan maupun secara integritas” lanjut Bapak Agus Subroto, S.H., M.Hum.>

Dalam kesempatan yang sama, Hakim Mentor Sri Rejeki Marsinta, S.H., M.Hum juga menyampaikan kesan terhadap Program PPC yang telah berlangsung selama ini. Menurutnya, menjadi Mentor juga memberikan kesempatan bagi dirinya untuk meningkatkan kembali kapasitas keilmuan. “Menjadi mentor ternyata tidak sekedar memberikan panutan dan mentransfer ilmu kepada para Calon Hakim, tetapi juga menjadi sarana kepada kami untuk meningkatkan kapasitas keilmuan melalui diskusi yang diadakan pada hari Jumat setiap minggunya,” tutur Ibu Sri Rejeki Marsinta, S.H., M.Hum.

 

Depok, 06 Maret 2019

Pengadilan Negeri Depok telah mendapat Kunjungan dari Tim Penilai LKE Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Tinggi Jawa Barat pada Hari Rabu Tanggal 06 Maret 2019. Penilaian LKE Zona Integritas dalam rangka membangun Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Tim penilai menyiapkan pertanyaan yang akan di jawab oleh masing-masing koordinator Area Zona Integritas. 

Hasil dari Penilaian ini akan diseleksi oleh Pengadilan Tinggi Jawa Barat dan akan diajukan ke sebagai Pengadilan Pembangunan Zona Integitas kepada Badan Peradilan Umum dan Mahkamah Agung. Pengadilan Negeri Depok mempunyai nilai yang cukup dalam Evaluasi kali ini. Pengadilan Negeri Depok akan segera memperbaiki dan melengkapi dari hasil evaluasi dari Tim Penilaian LKE Pembangunan Zona Integritas.

Usai Penilaian Seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Depok melakukan Foto Bersama dengan Tim Penilai LKE Zona Integritas.